Sabtu, 17 Februari 2024

Upgrading Skill Pelatihan Dasar Jurnalistik Siswa SMK Muhammadiyah 5 Kisaran

 

Poto Utama


Upgrading Skill Pelatihan Dasar Jurnalistik Siswa SMK Muhammadiyah 5 Kisaran

By | MPI Asahan           1 day ago In Berita


Sabtu, (17/02/24) tepat pada pukul 14.30 WIB, kepala SMK Muhammadiyah 5 Kisaran Hazlansyah Ramelan, M.Si., membuka secara resmi kegiatan Upgrading dan Pelatihan Jurnalistik yang dimotori oleh Ikatan Almuni (IKA) SMK Muhammadiyah 5 Kisaran. Upgrading Skill untuk memberi pelatihan dasar mengenai dasar-dasar Jurnalistik serta pembelajaran Editing Video di Aula Lantai 2 SMK Muhammadiyah 5 Kisaran.

Tampak hadir pada pembukaan kegiatan Upgrading dan Pelatihan Jurnalistik SMK Muhammadiyah 5 Kisaran Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulm Dini, S.Pd., Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan Al Imran Mangunsong, S.Pd., Ketua Jurusan Akuntansi dan Keuangan Lembaga Latifah Hanum, S.Pd., Ketua Jurusan Otomatisasi dan Tatakelola Perkantoran Ivo Satya Putri, S.Pd., Dewan Guru dan Pengurus PR. IPM SMK Muhammadiyah 5 Kisaran, Wakil Ketua Umum IKA SMK Muhammadiyah 5 Kisaran dan seluruh peserta kegiatan Upgrading dan Pelatihan Jurnalistik.

Ketua Umum Pimpinan Ranting Ikatan Pelajar Muhammadiyah (PR. IPM) Kiki Rizki Ananda Panjaitan dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada kepala sekolah dan kakak-kakak dari Ikatan Alumni (IKA) SMK Muhammadiyah 5 Kisaran yang telah menyelenggarakan kegiatan Upgrading dan Pelatihan Jurnalistik yang akan dilaksanakan Hingga hari Ahad, 18 Februari 2024 mendatang. Beliau juga menghimbau kepada seluruh peserta nantinya yaitu rekan-rekan PR. IPM SMK Muhammadiyah 5 Kisaran untuk mengikuti kegiatan dengan baik dan tertib serta hikmad sehingga nantinya apa yang akan disampaikan oleh pemateri dapat diserap dan dilaksanakan dalam kegiatan sehari-hari disekolah yang kita yang kita cintai ini.

Disamping itu, Dea Ananda Putra Sitorus, SP., selalu Wakil Ketua Umum Ikatan Alumni (IKA) SMK Muhammadiyah 5 Kisaran dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada kepala sekolah yang telah mensupot penuh kegiatan ini, terima kasih kami juga kepada Wakil Kepala Bidang Kesiswaan yang telah membantu dari awal perencanaan hingga terlaksananya kegiatan ini dalam mengkoordinir adik-adik kelas 10 dan kelas 11 secara penuh dan merata.

Tujuan dari kegiatan Upgrading Skill sendiri yang disampaikan langsung oleh Wakil Ketua Umum IKA SMK Muhammadiyah 5 Kisaran Dea Ananda Putra Sitorus, SP., selaku pencetus program ini, tujuan utamanya adalah agar adik-adik IPM SMK Muhammadiyah 5 Kisaran ini paham betul aspek-aspek dari jurnalistik seperti liputan, pembuatan berita, dan lain sebagainya seperti pembuatan video dan foto yang akan di posting di media sosial. Jadi ketika mereka turun ke lapangan mereka tidak bingung lagi gitu bagaimana cara liputan, pembuatan berita, jadi ini merupakan landasan dasar bagi mereka gitu memberikan pembelajaran upgrading skill secara rutin.

Dea yang merupakan alumni SMK Muhammadiyah 5 Kisaran tamatan tahun 2018, menyampaikan bahwa PR. IPM SMK Muhammadiyah 5 Kisaran ini adalah organisasi tempatnya berproses hingga berorganisasi ditinggkat provinsi dan nasional, dan kami dari Ikatan Alumni berkomitmen akan melaksanakan kegiatan setiap tahunnya, dan untuk tahun 2024 ini merupakan kegiatan yang ke dua setelah tahun 2023 silam kami melaksanakan kegiatan Kewirausahaan dan Pendaftaran Perguruan Tinggi Negeri. Kami juga sampaikan kepada adik-adik sekalian, bahwa kami dari Ikatan Alumni SMK Muhammadiyah 5 Kisaran bisa memberi garansi kepada adik-adik yang akan berkuliah di luar kota seperti pulau jawa dan sebagainya, adapun garansi tersebut berbentuk navigasi atau penunjukkan tempat tinggal dan disamping itu juga akan senantiasi memberikan informasi-informasi terkait pemberian lowongan pekerjaan. Dan ini adalah tujuan awal mengapa Ikatan Alumni SMK Muhammadiyah 5 Kisaran di bentuk.

Melalui kegiatan ini kami harapkan nantinya kita perlu menormatifkan media sosail sebagai ajang pembelajaran disamping itu melalui media sosial yang baik, kita bisa menambah penghasilan dari media sosial itu sendiri melalui konten-konten yang kita buat. Selesai dari kegiatan ini, nanti kita juga akan buat pelatihan kepenulisan, siapa tahu nbanti adik-adik disini yang memang gemar menulis bisa kita arahkan untuk bisa menjadi penulis walaupun menulis artikel yang sederhana yang nantinya bisa di muat di media-media online atau website sekolah, atau mungkin nantinya bisa membantu pihak sekolah untuk mengisi website sekolah yang kita miliki, katanya mengakhiri.

Hazlansyah Ramelan, M.Si., selaku kepala SMK Muhammadiyah 5 Kisaran dalam pidatonya berharap dengan dilaksanakannya kegiatan Upgrading dan Pelatihan Jurnalistik anak-anak kami sekalian bisa menselaraskan tentang pengetahuan dan komunikasi sebelum kita terjun ke masyarakat. Diharapkan juga kepada anak-anak kami yang mengikuti kegiatan ini harus fokus. Supaya hasilnya maksimal. Nah saya berharap kepada anak-anak kami, jangan jadikan alasan mengkuti kegiatan ini untuk menghindari kegiatan di rumah, namun saya menyakinkan bahwa kedua orang tua kalian memberimu izin mengkuti kegiatan untuk mengembangkan minat dan bakatmu.

Hari ini tidak cukup hanya pintar, tidak cukup hanya cantik dan ganteng kamu dalam mengahdapi dunia, tapi ketika kamu lepas dari sini, kumunikasi, pengetahuan dan atitude di masyarakat itu jauh lebih penting, katanya.

Hari ini hingga besok Ahad itu kita akan mengikuti dua kegiatan yaitu tentang upgreding tentang Kemuhammadiyahan, bagaimana ciri pelajar islami sejati yang bersekolah di Muhammadiyah nanti juga bakal di paparkan tentang apa dan bagaimana jurnalistik itu. Hari ini pekerjaan bukan hanya jadi PNS, TNI atau Polri atau bahwak di perusahaan BUMN saja, namun ada satu skill yang jika kau punya di era sekarang ini bagaimana kau bisa membaca big data. Big Data yang dimaksud disini bukan data yang besar, namun Big Data yang dimaksud adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan kumpulan data yang sangat besar dan kompleks yang terlalu banyak untuk dianalisis dan diproses menggunakan teknik dan metode tradisional. Istilah ini mencakup berbagai jenis data, termasuk data terstruktur dan tidak terstruktur, serta data yang dihasilkan dari berbagai sumber seperti media sosial, sensor, perangkat seluler, file log, dan server web.

Karena volume, variasi, dan kecepatan data terus meningkat dengan kecepatan eksponensial, pendekatan manajemen dan pemrosesan data tradisional tidak lagi memadai. Hal ini memunculkan konsep big data, yang membutuhkan teknologi dan teknik baru untuk menangani dan mendapatkan wawasan dari informasi yang sangat banyak ini.

Hazlan juga menyampaikan bahwa sekolah juga berharap dengan adanya kegiatan ini dapat menambah ilmu pengetahuan dan pengembangan menempatkan sesuai itu pada tempatnya di media sosial. Saya juga tidak yakin jika kita semua yang ada disini punya bakat untuk menulis, tapi bukan tidak mungkin juga kalian juga punya atau memiliki kenginan untuk mencurahkan isi hati dan fikiran didalam tulisan. Karena menulis tidak hanya untuk puji, tetap bagaimana membagikan hal-hal yang kecil untuk kebermanfaatn orang banyak. 

Editor | Rudi S Marpaung

Share:

0 Commentar:

Posting Komentar

Dilarang Komentar berbaur Ponografi

SELAMAT DATANG DI BLOG MPI MUHAMMADIYAH ASAHAN >>>>> VISI : SEBAGAI GERAKAN ISLAM YANG BERPEDOMAN PADA ALQURAN DAN AS-SUNNAH. DENGAN WATAK TAJDID YANG DIMILIKINYA SENANTIASA ISTIQAMAH DAN AKTIF DALAM MELAKSANAKAN DAKWAH ISLAM AMAR MA’RUF NAHI MUNGKAR DI SEGALA BIDANG. <<<<< >>>>> MISI: MAKSUD DAN TUJUAN MUHAMMADIYAH IALAH MENEGAKKAN DAN MENJUNJUNG TINGGI AGAMA ISLAM SEHINGGA TERWUJUD MASYARAKAT ISLAM YANG SEBENAR-BENARNYA. <<<<< * dsign by ADE KURNIAWAN *

Postingan Populer

Label